Diklat Pembinaan Mental dan Sikap Kedisiplinan selama 3 hari di Depo Pendidikan Bela Negara Rindam V/Brw Malang Jatim

Tidak ada komentar

Malang, Wirawiri Entertainment-
Sejak Jum'at sore tanggal 08/12 sampai dengan hari Minggu tanggal 11/12 masuk ke kesatrian Depo Pendidikan Bela Negara Rindam V/ Brw, calon Siswa dari PT. Bank BPR Jombang Perseroan Jombang Jawa Timur untuk melaksanakan Diklat Pembinaan Mental dan Sikap Kedisiplinan selama 3 hari di Depo Pendidikan Bela Negara Rindam V/Brw Malang Jatim sebanyak Siswa dan pendamping 165  orang dengan materi selama Diklat sbb: PBB, PPM, Kedisiplinan, Kesiapsiagaan, Surfival, Navrad, Caraka Malam (Camal), Api Semangat Bela Negara (ASBN),Oudbond, dan materi PT Bank Jombang itu sendiri. 



Penerimaan Umum memasuki Depo Pendidikan Bela Negara Rindam V/ Brw oleh Komandan Letkol Inf Dr. Drs. Abdul Rahman M.Si., di Aula sekaligus dibuka Diklat Pembinaan Mental dan Kedisiplinan PT Bank Jombang Perseroan selama 3 hari di Depo Pendidikan Bela Negara RindamV/Brw malang setelah di buka Diklat Siswa PT Bank Jombang Perseroan melaksanakan materi Peraturan Baris-baris {PBB)serta Peraturan Penghormatan Militer (PPM).


Kawasan Daerah Latihan Sidodadi  Lawang adalah daerah khusus untuk latihan militer atau bisa untuk umum, siswa PT Bank Jombang Perseroan untuk mengikuti materi Navigasi Darat (Kompas Siang) dan Materi Surfival atau bertahan hidup yang dibina oleh Tim Pelatih di pimpin oleh Kapten Inf Dalgiri Purnomo dan rekan2nya sebanyak 23 orang.dalam aktivitas tersebut para siswa Diklat dituntut mampu memecahkan masalah Navrad (kompas Siang) siswa harus bisa mengerti penggunaan kompas mulai dari menentukan arah dan mata angin dengan mengidentifikasi cahaya matahari serta bisa nenentukan arah kompas yang di berikan oleh pemateri dan persoalan tentang arah yang para siswa tuju dengan menggunakan kompas siang."Siswa kami latih Kompas siang agar apabila tersesat di hutan atau tidak mengetahui arah kompas sebenarnya."


Di daerah latihan Sidodadi para siswa PT. Bank BPR Jombang Perseroan  di ajarkan menahan lapar sejak pagi, "Siswa baru akan makan nanti di dalam hutan mereka cari bahan makan sendiri," ujar pelatih sebelum masuk hutan, Instruktur melatihkan peserta mengenalkan jenis tumbuhan dan hewan liar yang dapat dikonsumsi di hutan untuk bertahan hidup. Siswa PT. Bank BPR Jombang Perseroan juga diajarkan membuat tenda sederhana menggunakan terpal, sebatang bambu, tali temali dan kamuflase menggunakan kontur tanah maupun vegetasi sekitar di hutan. Peserta diperlengkapi dengan alat sederhana. Setiap kelompok mendapat sebilah pisau kecil/Carter, korek api, dan garam selama berada di hutan. "Militan itu harus cerdas. bisa memanfaatkan apapun di sekitar kita di situasi apapun," tekan instruktur kepada Siswa PT. Bank BPR Jombang Perseroan dalam materinya.


Siswa PT. Bank BPR Jombang Perseroan dalam wawancarai Tim Humas mengungkapkan kesannya saat mengikuti kegiatan survival ini. "Seru banget jarang kita bisa bertahan hidup hanya di bekali alat pisau dan garem dan kita bisa merasakan hidup kebersamaan tidak mengutamakan induvidu. Kegiatan survival ini yang saya tunggu-tunggu," ujar Anggi salah satu Siswi PT. Bank BPR Jombang Perseroan.
Pelatih mengharapkan agar kelak Siswa PT. Bank BPR Jombang Perseroan dalam materinya. memiliki mental dan fisik survival dan peka saat melaksanakan tugas di kantor maupun di daerah terpelosok. "Di kantor nanti kita akan dikelompokkan dalam sebuah unit. Setiap unit pasti punya tantangan untuk diselesaikan secara berkelompok maupun Individu. Untuk itulah kegiatan ini diselenggarakan," ujar pelatih Dodik Bela Negara Rindam V/Brw.

Pada malam harinya, Siswa PT. Bank BPR Jombang Perseroan mengikuti aktivitas Caraka malam (Camal) yang bertujuan apabila semua alat komunikasi terputus dengan di bekali berita yang nantinya di sampaikan kepada pelatih yg sudah ditunjuk di area daerah latihan Sidodadi Komplek daerah lawang malang. Rute sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer yang dilalui melewati hutan mini, kebun dan properti menyerupai hantu serta pengecekan dengan cek poin dan terakhir siswa membongkar berita kepada pelatih.
Api Semangat Bela Negara bertujuan agar Siswa PT. Bank BPR Jombang Perseroan.(Edy Begono)

Tidak ada komentar

Posting Komentar