Berdayakan Ekonomi Masyarakat Jember, YBM BRILiaN Branch Office Jember Regional Office Malang Gelar " Launching Mustahiq Income Generating Program (MIGP)

Tidak ada komentar

Jember, Wirawiri Entertainment-
Kamis 26 Januari 2023
Bertempat di Aula Bank BRI BO Jember, YBM BRILiaN  Branch Office Jember  Gelar Launching Mustahiq Income Generating Program (MIGP) 

Agenda launching tersebut, dihadiri oleh Bapak Ainun Najib selaku Regional Supervisor YBM BRILiaN RO Malang, Bapak Mohamad Sukari selaku Pimpinan  BRI BO Jember, Bapak Yudhit Kunto W selaku Ketua YBM BRILiaN BO Jember, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember yaitu Ibu Dra. Sartini MM., Yosie Ermawan, owner Sambal Mbegor serta Bapak Ali Badrudin selaku sekretaris LP2M Universitas Jember.


Pendamping kelompok MIGP Kab. Jember, Moh. Aminullah mengungkapkan bahwa program ini tidak hanya memberikan bantuan modal usaha saja, melainkan juga pedampingan secara berkelanjutan. “Dari sekian banyak bantuan yang diberikan, tidak hanya memberikan bantuan modal usaha saja, melainkan juga alat dan pendampingan yang rutin berjalan selama 2 minggu sekali” ujar Mas Amin.

Penerima program MIGP ini tersebar di 5 wilayah yang ada di Kabupaten Jember. Kelompok Tempe Berkah Jaya dari Desa Kaliwining, Rambipuji dengan anggota 9 orang mewakili Jember Barat. Jember Timur diwakili oleh Kelompok Tape Madu Putra Desa Tegalwaru, Mayang. Kelompok Tape Tunas Harapan Desa Klungkung, Ambulu dan Kelompok Tahu Pontang, Ambulu mewakili wilayah utara dan selatan. Serta Kelompok Tempe Barokah dari wilayah tengah di Kelurahan Tegal Besar dengan anggota 10 orang masing masing kelompok.


Regional Supervisor YBM BRILiaN Kanwil Malang  menyampaikan bahwa MIGP merupakan wujud Bank BRI untuk membantu memberdayakan ekonomi masyarakat, khususnya di Kabupaten Jember.

Selanjutnya, Bapak Mohamad Sukari selaku Pimpinan  BRI BO Jember berharap bahwa kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik, dan dapat memberi manfaat bagi penerima dan YBM BRILian BO Jember telah banyak berkonribusi dalam sektor pendidikan, ekonomi dan sosial.

Dibidang pendidikan diantaranya program beasiswa Bright, Smart dan My Scholarsip yang saat ini ada 265 awardee.
Bidang ekonomi diantaranya program gerobak usaha sebanyak 37 gerobak dengan tambahan modal kerja usaha.
Bidang Sosial diantaranya program ATM beras diMasjid Nurush Sholihin. 

Launching Produk MIGP dilakukan secara bersama yang dipimpin oleh Bapak Pimpinan BRI BO Jember dan diikuti oleh penyerahan simbolis kepada para kelompok penerima program MIGP.

Kemudian dilanjutkan dengan Sharing Session   yang diawali oleh pemaparan  Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember yaitu Ibu Dra. Sartini MM. Beliau memberikan arahan tentang pengembangan usaha kelompok berbasis pentahelik. Dalam penyampainya beliau menjelaskan tentang pentingnya kolaborasi antara pemerintah, akademisi dan kelompok usaha dalam mengembangkan usahanya.

Momen tersebut digunakan juga oleh Ibu Sartini dalam membantu kelompok usaha yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB. Pembutan NIB tersebut menjadikan kelompok usaha antusias dan bersemangat dalam menjalankan usahanya.

Selanjutnya, Bapak Yosie Ermawan selaku owner Sambal Mbegor dan Bapak Ali Badrudin selaku Dosen dan perwakilan LP2M Universitas Jember secara bergantian dalam memberikan arahan dan motivasi kepada para pelaku usaha tersebut. Bapak Yosie bahkan secara lengkap menjelaskan langkah untuk menjadikan produk terkenal, serta Bapak Ali Badrudin yang juga menjelaskan peran akademisi dalam membantu pengembangan kelompok usaha . ( Yudhit/Bagus)

Tidak ada komentar

Posting Komentar