JAGA KETAHANAN PANGAN, PULUHAN PRAJURIT KODIM 0822/BONDOWOSO BELAJAR MEMBUAT PUPUK ORGANIK

Tidak ada komentar


Bondowoso,Wirawiri Entertainment-
Bertempat di Koramil 0822/04 Tenggarang puluhan anggota jajaran Kodim 00822/Bondowoso sedang menerima arahan dan penyuluhan dari PPL Dinas Pertanian Bondowoso cara membuat pupuk organik dari kotoran sapi sebelum dicampurkan tanaman padi, Jum'at (16/10). 



Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Jadi, S.I.P., menyampaikan, "Disamping prajuritnya belajar membuat pupuk organik dari kotoran sapi yang sudah di endapkan selama 3 tahun juga akan membuat terobosan baru menanam padi di lahan yang kosong dalam poliback sejumlah 5000 bibit. 
Selain ramah lingkungan, hal tersebut bertujuan untuk mengurangi limbah peternakan agar dapat dimanfaatkan lebih baik pada lahan pertanian penduduk", pungkasnya. 



Pupuk organik berbahan dasar dari, kotoran sapi, sekam, dedaunan, dekomposer dan molase yang keseluruhannya dicampur hingga rata dengan tingkat kebasahan 70%.  

“Untuk siap digunakan adonan pupuk harus dimasukan kedalam karung yang tertutup rapat atau tempat penyimpanan padat lainnya. Setelah itu  didiamkan selama satu bulan pada tempat yang teduh tidak basah dan tidak terpapar langsung sinar matahari,” jelas Batih Wanwil Kodim 0822/Bondowoso Peltu Hariri.



Pupuk organik juga berperan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesuburan tanah di lahan pertanian penduduk sekitar melalui perbaikan sifat kimia, fisik dan biologinya. Ddengan struktur tanah yang subur maka pertumbuhan tanaman akan menjadi lebih baik.(Bagus)

Tidak ada komentar

Posting Komentar